Cara Instalasi Penangkal Petir Sedarhana Untuk Rumah

Mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi dengan istilah penangkal petir, alat ini merupakan salah satu alat yang sangat berguna untuk kita pasang di rumah atau bangunan. Karena dengan menggunakan alat ini maka resiko bangunan atau rumah terkena sambaran petir akan sangat berkurang, bahkan jika memang tersambar sekalipun, maka arus listrik tegangan tinggi dari petir akan langsung tersalurkan ke dalam bumi. Instalasi penangkal petir pada rumah atau bangunan termasuk hal yang wajib dilakukan apalagi jika rumah atau bangunan yang kita tempati letaknya berdekatan dengan tower BTS telpon seluler, karena jika letak rumah kita berdekatan dengan tower tersebut maka resiko terkena sambaran petir akan sangat tinggi, nah untuk menghindari resiko tersebut ada baiknya rumah atau bangunan dilengkapi dengan penangkal petir. Lalu bagai mana cara instalasi penangkal petir sederhana yang dapat kita terapkan untuk rumah atau bangunan dan apa saja yang perlu kita siapkan untuk itu? Simak ulasannya berikut ini;

Pembuatan Grounding

Pada instalasi penangkal petir groundir merupakan titik akhir dari pelepasan arus listrik, dan grounding ini harus memiliki beberapa kriteria tertentu agar dapat berfungsi dengan baik ketika melepaskan arus petir yang mengenai rumah atau bangunan kita. Salah satu yang menjadi kriteria penting dari grounding tersebut ialah tekstur tanah dan bahan yang digunakan untuk pembuatan grounding tersebut. Jika dilihat dari tekstur tanah maka grounding yang baik yaitu;

  • Kadar garam yang terkandung didalam tanah harus tinggi
  • Tanah harus memiliki kandungan air yang tinggi
  • Tanah memiliki tingkat keasaman yang tinggi

Jika melihat dari tekstur tanah diatas maka bahan yang digunakan untuk instalasi penangkal petir yang bagus yaitu yang terbuat dari bahan konduktor misalnya tembaga, galvanise atau staniless. Setiap wilayah memiliki tingkat kedalaman grounding yang berbeda-beda, karena hal tersebut mengikuti nilai strandar yang di ijinkan yaitu 5 Ohm, jika suatu wilayah telah menggali samapai kedalaman 6 meter tetapi belum mencapai nilai resistansi 5 Ohm maka pengeboran akan terus dilakukan sampai mendapatkan nilai strandar resistansi tersebut. Hal tersebut dikarenakan tekstur tanah menajadi pengaruh besar dari kedalaman grounding.

Instalasi Kabel Penangkal Petir

Terdapat beberapa tips dalam pemilihan jalur kabel, rute terdekat menjadi tips utamanya, yaitu semakin pendek panjang bentangan penghantar maka tahanan bahan akan semakin kecil. Untuk instalasi penangkal petir strandar kabel yang di anjurkan yaitu 50mm, namun sangat disarankan untuk menggunakan kabel lebih dari 50 mm tetapi harga dari kabel tersebut cukup lebih mahal, kawat terpilin atau batang konduktor juga dapat menjadi pilihan.

Instalasi Ujung Penangkal Petir

Untuk instalasi penangkal petir pada tahap ini memiliki beberapa teknis penyambungan yang terkadang sedikit berbeda, mungkin dikarenakan dari pabrik pembuatnya, tetapi pada intinya bahwa kabel penghantar haruslah terhubung dengan kuat dan elektris dengan ujung final.